Mari Kenali Pengertian dan Fungsi Tes MRI di RSCM

Anda pasti kerap mendengar mengenai tes MRI. MRI yang merupakan singkatan dari Magnetic Resonance Imaging, digunakan untuk memindai tubuh menggunakan suatu mesin dan dapat menghasilkan gambar berupa foto 3D. DI Indonesia, rumah sakit yang memiliki MRI tercanggih adalah RSCM atau RS Cipto Mangunkusumo.

Bertempat di Jl. Pangeran Diponegoro No.71, RW.5, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, RSCM menyediakan sederet pelayanan kesehatan umum serta spesialistik bertaraf internasional. Anda pun dapat melakukan MRI di rumah sakit ini.

Namun apa sebenarnya tes MRI? Apa fungsinya dan mengapa tes ini diperlukan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Dan Fungsi Tes Mri

Apa Itu MRI?

MRI merupakan jenis tindakan medis dimana menggunakan gelombang radio dan medan magnet untuk dapat menampilkan gambar organ serta jaringan dalam tubuh.

Tak seperti x-ray atau CT scan, proses MRI tidak menggunakan radiasi. MRI dapat menghasilkan gambar 3D atau 3 dimensi dan dapat dilihat dari berbagai sisi, sehingga proses diagnosis pun dapat dilakukan secara lebih detail.

Apa Fungsi MRI?

MRI membantu dokter untuk dapat mendiagnosis penyakit ataupun memantau proses pengobatan. Berikut ini organ yang umumnya diperiksa melalui MRI, diantaranya:

– MRI Otak dan Saraf Tulang Belakang

Tes MRI umumnya paling sering digunakan untuk metode pencitraan otak serta saraf tulang belakang, dan MRI pada otak dapat digunakan sebagai pertimbangan langkah operasi.

Beberapa penyakit yang dapat didiagnosis dengan MRI diantaranya tumor, stroke, multiple sclerosis, aneurisma, malformasi Chiari, peradangan saraf tulang belakang, cedera otak akibat kecelakaan, gangguan mata serta telinga bagian dalam.

– MRI Jantung dan Pembuluh Darah

MRI yang dilakukan pada jantung serta pembuluh darah bertujuan untuk melihat fungsi dan ukuran ruang jantung, tingkat kerusakan akibat penyakit atau serangan jantung, serta melihat ketebalan dan gerakan dinding jantung.

MRI juga bertujuan untuk dapat mendeteksi masalah struktural pada urat nadi, misalnya radang dan penyumbatan pembuluh darah hingga dinding pembuluh darah yang sobek atau melemah.

– MRI Tulang dan Sendi

Tak hanya itu, MRI di RSCM juga berguna untuk membantu mengevaluasi beberapa kondisi pada tulang dan sendi seperti kelainan tulang belakang dan bantalan saraf tulang belakang, infeksi tulang peradangan sendi, serta tumor tulang dan jaringan lunak.

– MRI Payudara

MRI juga dapat dilakukan pada wanita yang memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara ataupun wanita yang memiliki jaringan payudara padat. Selain mamografi, MRI dianggap efektif untuk dapat memberikan informasi guna mendeteksi keberadaan sel kanker payudara.

Buat Janji Dokter RSCM dengan Mudah!

Bagi Anda pasien reguler maupun BPJS yang ingin berkonsultasi dengan dokter RSCM, kini Anda dapat mendaftar via online dari mana saja. Melalui aplikasi Halodoc, Anda bisa mendapatkan layanan prioritas di rumah sakit yang praktis dan tentunya lebih menghemat waktu Anda.

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang mampu memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan kesehatan, sehingga penggunanya dapat menerima akses pelayanan kesehatan dengan mudah. Fitur yang terdapat dalam aplikasi Halodoc pun sangat lengkap, mulai dari fitur chat hingga panggilan suara maupun video dengan dokter yang tersedia 24 jam kapanpun Anda butuhkan.

Anda dapat membuat janji dokter melalui Halodoc dengan 5 langkah mudah, pilih rumah sakit yang ingin Anda kunjungi, pilih dokter atau jenis poliklinik, pilih jadwal konsultasi, registrasi online, dan terakhir datang ke rumah sakit untuk bertemu dengan dokter secara langsung.

Demikianlah pengertian serta fungsi tes MRI yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi dengan dokter seputar tes MRI, buat janji temu dengan dokter di RSCM dengan aplikasi Halodoc, praktis dan hemat waktu.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *