Gejala dan Cara Mencegah Hipertensi Ala SehatQ.com

Anda mungkin sudah tidak asing dengan gangguan kesehatan yang satu ini. Hipertensi merupakan kondisi ketika seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi, yakni 130/80 mmHg atau lebih. Tekanan darah yang tinggi ini bisa mengindikasikan adanya masalah yang lebih serius seperti stroke atau serangan jantung. Pengidap biasanya baru akan menyadari ketika komplikasi sudah terjadi.

Gejala Hipertensi

hipertensi tidak boleh dianggap remeh

1. Sakit kepala

Gejala yang paling sering terjadi adalah sakit kepala yang cukup sering. Hal ini kerap dialami oleh pasien ketika tekanan darah sudah berada di angka 180/120 mmHg atau lebih. Jika Anda sering mengalami sakit kepala tiba-tiba, akan lebih baik jika segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan ini, Anda bisa mengantisipasi lebih awal jika terdapat masalah kesehatan.

2. Gangguan penglihatan

Selain sakit kepala, pasien juga kerap mengalami gangguan penglihatan. Bagi penderita yang sudah cukup parah, tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah pada mata pecah yang mengakibatkan penglihatan menjadi terganggu dan menurun secara signifikan.

3. Mual

Gejala berupa mual atau muntah bisa terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada kepala. Hal ini disebabkan beberapa hal seperti pendarahan pada bagian kepala. Orang yang mengalami pendarahan pada kepala ini akan sering mengeluhkan rasa mual atau muntah yang keluar secara tiba-tiba.

4. Sesak napas

Selanjutnya, sesak napas juga kerap dialami oleh para penderita hipertensi. Hal ini dapat terjadi saat jantung mengalami pembesaran dan gagal untuk memompa darah dengan baik. Ketika Anda merasakan gejala ini, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

5. Wajah memerah

Saat pembuluh darah di daerah wajah melebar, maka akan menimbulkan wajah tersebut terlihat memerah. Hal ini merupakan bentuk respons dari berbagai pemicu seperti cuaca dingin, angin, sinar matahari, makanan pedas, dan lain-lain. Akan tetapi, kasus ini juga bisa merupakan gejala dari hipertensi ketika tekanan darah sedang meningkat.

Cara Mencegah Hipertensi

1. Olahraga rutin

Tidak hanya untuk mencegah hipertensi, olahraga secara rutin juga akan membantu Anda dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya. Anda bisa memilih olahraga mana yang lebih disukai, apakah angkat beban, bersepeda, jogging, senam, atau berenang. Setidaknya, lakukan olahraga minimal 30 menit sehari sebanyak 3 kali dalam seminggu.

2. Memperbanyak makan buah dan sayur

Terlihat klise, namun nyatanya dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur akan memiliki dampak positif untuk tubuh Anda. Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Anda bisa memakan buah secara langsung atau dalam bentuk jus. Sedangkan untuk sayur, sesuaikan dengan selera Anda.

3. Menjaga berat badan

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki berat badan berlebih mempunyai risiko terkena hipertensi lebih tinggi. Oleh sebab itu, jaga berat badan agar tetap ideal. Kurangi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak.

4. Cukup istirahat

Jika Anda masih memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Kurang tidur memiliki dampak kurang baik untuk tubuh seperti tidak bersemangat, sistem imun menurun, dan memicu tubuh mengeluarkan hormon pemicu stres. Hormon ini juga memiliki efek meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai penyakit tekanan darah tinggi. Untuk pengetahuan lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi www.sehatq.com. Selain hipertensi, di SehatQ juga terdapat banyak sekali direktori penyakit yang bisa Anda pelajari dengan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *