July 24, 2024

Tidak hanya konten kreator TikTok, aplikasi video editing pun diburu oleh konten kreator platform media sosial lain seperti Instagram maupun YouTube. Namun, tiap aplikasi edit video memiliki sistem pengoperasian yang beda pula, ada yang sulit ada yang mudah, dengan kapasitas editing yang berbeda pula.

Bagi pemula, tentu aplikasi yang disasar adalah pengoperasian mudah tetapi dengan fitur yang beragam. Jadi, kreator bisa memproduksi video menarik berkualitas baik dalam waktu singkat. Karena itulah banyak kreator melirik aplikasi Capcut.

Aplikasi ini memiliki pengoperasian yang mudah untuk tingkat pemula namun bisa menghasilkan video dengan kualitas editing yang tak kalah dengan software PC sekalipun. Efek yang sama dengan hasil editing menggunakan software canggih, bisa dihasilkan melalui aplikasi ini dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Capcut sendiri menyandang predikat aplikasi edit video berbasis Android terbaik untuk platform TikTok. Karena berbasis Android, aplikasi ini hanya memerlukan aktivitas sederhana seperti drag and drop, upload atau import sehingga penggunannya tidak memerlukan keahlian teknis secara khusus.

Berbagai fitur yang ditawarkan antara lain menambahkan musik atau efek suara pada video, menyesuaikan posisi gambar, hingga menambah stiker gambar maupun tulisan ke dalam video. Aplikasi ini pun memungkinkan penggunanya untuk memotong bagian tertentu dari video dan menyambungkan dua atau lebih segmen video.

Satu lagi aspek yang disenangi oleh para penggunanya adalah hasil video tidak akan “tercemar” oleh watermark setelah diedit menggunakan Capcut. Hal ini cukup jarang dimiliki oleh aplikasi edit video lain yang notabenenya hampir selalu membubuhkan watermark produknya di video hasil.

Artinya tidak perlu repot lagi mencari cara atau bahkan aplikasi tambahan untuk menghilangkan watermark sebelum mengupload video ke TikTok maupun platform media sosial lainnya. Dalam satu kali edit, pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur dan filter dan langsung bisa menguploadnya dengan mudah dan cepat.

Selama proses editing, Capcut menampilkan frame video dalam format multi timeline. Dengan begitu, pengguna dapat lebih mudah melihat frame by frame sehingga proses editing menjadi lebih presisi. Penambahan elemen, gambar, maupun fragmen video lain pun dapat lebih mudah disisipkan sesuai timing yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *