January 10, 2024

Pada setiap perusahaan, melakukan training HRD secara berkala untuk para karyawannya adalah hal yang sangat penting. Dengan pelatihan tersebut, kualitas dari para karyawan HRD bisa menjadi lebih optimal.

Untuk melakukan pelatihan tersebut, perusahaan bisa menggunakan trainer internal ataupun dari luar. Terlepas dari mana trainer yang digunakan, pastinya harus mempunyai kemampuan dasar yang baik.

Secara umum, terdapat beberapa kriteria trainer yang wajib untuk dimiliki. Nah, berikut adalah penjelasan lengkap tentang kriteria skill dan kemampuan yang harus dipunyai oleh seorang trainer.

Kriteria Pelatih Training HRD yang Baik

Terdapat beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh para trainer pelatihan untuk HRD. Nah, apabila perusahaan Anda sedang mencari trainer, maka pastikanlah bahwa mereka mempunyai beberapa kriteria penting berikut ini.

1. Skill Komunikasi Mumpuni

Kemampuan pertama yang wajib dimiliki oleh para trainer HRD adalah kemampuan komunikasi yang mumpuni. Dalam hal ini komunikasi yang dimaksud adalah bagaimana trainer dapat menyampaikan materinya dengan jelas tanpa adanya miss konsepsi.

Penyampaian komunikasi yang baik dapat membantu para peserta untuk lebih mudah memahami materi yang diberikan. Selain itu, kemampuan tersebut sangat penting bagi trainer untuk memberikan argumen dan pendapat dengan baik.

Selain baik berkomunikasi, penyampaian juga harus dibuat dengan konsep yang menarik. Tujuannya tentu agar para peserta bisa tertarik pada hal yang disampaikan dan mampu menyerap materi training dengan lebih baik.

2. Kesabaran Tinggi

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para trainer adalah kesabaran yang tinggi. Pasalnya, para peserta training HRD terdiri dari berbagai macam orang dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.

Mungkin saja ada peserta yang bisa memahami apa yang disampaikan hanya dalam sekali mendengar saja. Namun, di sisi lain ada juga peserta yang membutuhkan beberapa kali penjelasan untuk paham tentang materi trainer.

Oleh karena itu, seorang pelatih training harus mempunyai kesabaran tinggi dalam menghadapi hal seperti itu. Tujuannya tentu agar pada saat proses tanya jawab trainer dapat menjelaskan dengan baik tanpa perlu merasa emosi.

3. Memahami Bidang yang Diajarkan

Seorang trainer tentunya harus benar-benar menguasai semua materi training yang akan disampaikan. Dalam kasus pelatihan HRD, maka para pengisi trainer harus merupakan orang yang paham tentang dunia HRD dengan baik.

Hal ini tentunya sangat penting agar trainer bisa memberikan hal-hal yang memang dibutuhkan oleh para karyawan bidang HRD. Jadi, apa yang disampaikan oleh trainer pada saat training bukanlah menjadi hal yang omong kosong belaka.

Itulah tadi skill penting yang harus dimiliki oleh seorang trainer dalam memberikan pelatihan. Apabila Anda mencari trainer untuk training HRD dengan kualifikasi seperti di atas, maka Anda dapat memilih jasa pelatihan dari konsultanhrd.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *