Beberapa Hal yang Bakal Terjadi Kalau Kamu Malas Ganti Oli

Perawatan dasar yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengganti oli mesin. Akan tetapi, jenis perawatan tersebut masih banyak dilakukan dengan cara yang asal-asalan. Salah satu bentuk atau contoh perawatan yang buruk adalah dengan tidak mengganti oli mesin mobil secara rutin.

Padahal, ganti oli secara rutin bisa membuat kondisi mesin menjadi lebih awet. Banyak orang yang menganggap bahwa mengganti oli hanya cukup dilakukan ketika mobil akan dibawa bepergian secara jauh. Namun, benarkah demikian?

Beberapa Hal Yang Bakal Terjadi Kalau Kamu Malas Ganti Oli

Dampak yang Mucul dari Tidak Rutinnya Mengganti Oli Mobil

Meski mobil tidak sering digunakan, hal itu bukan berarti oli mesin mobil tidak mengalami kerusakan. Oli mesin harus tetap diganti meski mobil tidak sering dipakai. Dengan mengganti oli mesin secara berkala, maka akan berdampak baik untuk kondisi mesin mobil.

Nah, kalau oli mesin tidak diganti secara berkala, beberapa hal berikut ini yang mungkin saja terjadi.

1. Banyak Kotoran

Ketika oli mesin tidak rutin diganti, maka akan ada semakin banyak kotoran yang terkandung di dalamnya. Jika kotoran-kotoran tersebut memiliki jumlah yang lebih banyak, maka dikhawatirkan akan mengganggu saluran oli. Oli menjadi tidak bisa terdistribusi dengan baik untuk melumasi berbagai macam komponen mobil.

2. Fungsi Menjadi Tidak Maksimal

Meski masih bisa digunakan untuk menjangkau seluruh komponen mobil, tapi oli mesin yang jarang diganti akan kehilangan fungsi maksimalnya. Hal tersebut akan sangat berdampak bagi kesehatan komponen mobil. Komponen yang seharusnya mendapat pelumasan maksimal menjadi tidak lagi berfungsi akibat kemampuan kerja oli yang sudah menurun.

3. Bahan Bakar Boros

Ketika tiap komponen dalam mobil tidak mendapat pelumasan secara maksimal, hal selanjutnya yang akan terjadi adalah komponen mobil harus membutuhkan bantuan bahan bakar kendaraan. Hasilnya, penggunaan bahan bakar mobil menjadi lebih boros.

Setelah mengetahui berbagai macam hal yang terjadi akibat lalai dalam mengganti oli mesin, apakah kamu masih mau terus melanjutkannya? Jangan sampai mobilmu rusak hanya karena jarang mengganti oli, ya.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *